The Project of D'LO

You are here: Home > BLOG REVIEW DLO > Ngopi sore dengan MPR RI

Ngopi sore dengan MPR RI

 

 

 

 

Haloo..

Suatu sore saya mendapat undangan yang dikoordinatori oleh teman blogger kece mba Mira Sahid, sosok perempuan ini memang sudah lama saya kenal sebagai seorang blogger, content writter dan founder dari KEB Komunitas Emak Blogger.

 

Saat saya meihat undangan itu, saya bertanya - tanya ada apa ya? ko tiba-tiba badan organisasi pemerintahan yang diagung-agungkan digadang-gadang dan kita segani ini mengundang untuk ngobrol sore santai bersama MPR-RI.

Mendengan nama kelembagaannya sudah bikin merinding, tetapi kok ya acaranya ngobrol sore? semakin besar keinginan saya untuk KEPO :)

Akhirnya, sore itu.. Kamis 11 Agustus saya hadir kesalah satu mall favorit saya Senaya City, disana saya melihat yang hadir adalah para netizen - blogger dan beberapa founder komunitas. Nah semakin penasaran ada apa yah.. apa yang ingin dibahas?

 

Ternyata, acara sederhana yang dikemas hangat ini berisi perkenalan antar sesama netizen, untuk saya itu sangat inspiriratif! Semakin saya banyak mengenai orang yang mungkin saya tidak dapat mendeteksi 'kenal' secara wajah, namun ketika saya mendengan nama komunitas, blog-nya, atau aktivitasnya wah bikin merinding. Intinya senang banget bisa kenal sama orang yang bisa menjadi inspirasi dari banyak orang entah sebagai blogger, influencer, penggerak komunitas dsb.

Sesi berikutnya Sekjend dari MPR RA bapak Ma'ruf Cahyono masuk untuk sharing mengenai maksud kita ngbrol, dimana pesan sederhana yang selalu didengar sejak SD hingga sekarang mengenai pondasi dasar negara kita.

 

Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika, selalu digumamkan.. yah setuju sekali terkadang kita sudah banyak wawasan lain yang mungkin akhirnya menimbung pilar dasar ini, sehingga kadang kita lupa bahwa jiwa kita Pancasila yang menghangatkan leluhur kita untuk berjuang buat kemerdekaan kita sekarang.

Ke-Bhineka Tunggal Ika-an kita yang sesungguhnya dalah kekayaan kita, terkadang malah menjebak kita membuat menjadi kotak-kotak, menjadi fanatisme yang salah kaprah. 

Bukankan seharusnya kita bangga dengan yang kita miliki, bukankah budaya kita jiwa kita sudah diwarisi sesuatu kekuatan yang luar biasa yang tercantum dalam pilar Pancasila. 

Saya hanya bisa merasa.. malu terkadang sayapun suka melalaikannya, lupa bahwa kita itu satu.. kalopun perlu diferensiasi spesifikasi terhadap sesuatu hal, bukan berarti itu eksklusifitas, tetapi harusnya menjadi pelengkap antar pasangan puzzle.

Sesi berikutnya hadirlah sosok yang kami segani, Ketua MPR-RI bapak Zulkifli Hasan. belum saja beliau memaparkan kami langsung mengajaknya selfie,.. yang tentunya karena rebutan akhirnya kita pun wefie.. hehehe.. gpp yang penting netizen yang hadir sore itu semangat, senang, bahagia, dan yang penting sadar bahwa kita adalag bagian yang perlu berkontribusi untuk tetap menyemangati masyarkat lain dengan cara dan keunikannya masing-masing, tentunya tetap menanamkan semangat Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Bapak Zul, menyampaikan beberapa hal bahwa akan memulai Sidang Tahunan 16 Agustus 2016. Dan bercerita bagaimana sebagai sebuah lembaga negara yang memerlukan inspirasi dari rakyat, dimana rakyat adalah pusat dari perhatiannya. sehingga MPR membuka diri untuk siapapun dapat mampir memberikan aspirasi dan insprasinya, berkolaborasi mengkampanyekan pesan kebersamaan #INIBARUINDONESIA dimana rakyat dan kelembagaan saling terbuka mendukung dan terus melestarikan nilai - nilai bangsa.

Wah, sore tak terasa.. saya menjadi bagian ngobrol dari orang-orang yang berhati mulia. saya selalu percaya bila hati kita yang menggerakan logika kita akan terus menjadi motor gerakan dari diri sendiri, lingkungan keluarga, komunits hingga negara. 

Semangat Pancasila #INIBARUINDONESIA Bhineka Tunggal Ika

 

Salam

DLo

« prev  |   top  |   next »

© Copyright All Right Reserved 2013 www.theprojectof-dlo.com Login